Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada, Kenali 5 Jin yang Selalu ada dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari

Waspada, Kenali 5 Jin yang Selalu ada dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari

Kata jin berasal dari kata jannah yang artinya tersembunyi atau tidak terlihat. Jin adalah salah satu makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dari api yang sangat panas. Dalam Surat Al Hijr ayat 27 Allah berfirman,


"Dan Kami menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas." (Surat al-Hijr: 27)


Dari Aisha radhiyallahu 'anha, Nabi Shallallahu' alaihi wasallam bersabda,


"Para malaikat diciptakan dari cahaya, jin dari nyala api, dan Adam (manusia) dari bumi (tanah) seperti yang telah dijelaskan kepadamu." (HR. Ahmad, Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).


Dari dua dalil di atas dapat dikatakan bahwa dua sumber hukum Islam yaitu Alquran dan Sunnah menegaskan bahwa jin itu diciptakan dari api.


Tugas jin adalah membisikkan bisikan jahat ke dalam hati manusia. Allah berfirman dalam surat An-Naas ayat 4-6 sebagai berikut.


"Dari kejahatan (bisikan) iblis yang tersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam hati manusia, dari (kelompok) jin dan manusia." (QS. An-Naas: 4-6)


Jin terdiri dari beberapa jenis yang dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu jin bersayap, jin berbentuk ular, dan jin yang dapat berubah wujud. Ini berdasarkan hadits berikut.


Dari Jabir Ibn Nafir, dari Abi Tsalabah Al Khuntsa radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi Shallallahu' alaihi wasallam bersabda,


"Jin dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah jin yang memiliki sayap dan dapat terbang di udara. Kelompok kedua terdiri dari jin yang berupa ular dan anjing, sedangkan kelompok ketiga adalah yang dapat merubah wujudnya. (HR. Baihaqi dengan sanad sanad)


Dikutip dari buku Dialogue with Muslim Jinn (1997) karya Muhammad 'Isa Dawud, jenis jin yang mengacu pada hadits di atas adalah sebagai berikut.


1. Jin bersayap


Jin bersayap adalah jin yang mampu terbang dengan kecepatan sangat tinggi. Dalam kisah Nabi Sulaiman dan jin, jin inilah yang mampu memindahkan tahta Ratu Balqis dari Yaman (Negara Saba ') ke Yerusalem.


2. Jin berbentuk ular


Menurut sebuah narasi, tidak sedikit ular yang merupakan jin dan tidak sedikit pula penjelmaan jin.


Menurut hadits, ada dua jenis ular yang harus dibunuh karena tidak bisa berubah wujud menjadi wujud lain yaitu dzu al-thifyatayn dan al-abtar.


Dari Ibn 'Umar radhiyallahu' anhu, bahwa beliau mendengar Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam berdakwah di mimbar. Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,


"Bunuh ular itu, bunuh dzu al-thifyatayn dan al-abtar, karena gua binatang itu menyemburkan mata dan membatalkan isinya." (HR. Bukhari)


Diceritakan pula bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan para sahabat untuk membunuh ular tersebut.


Setelah itu, Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam melarang pembunuhan ular yang menghuni rumah tersebut karena mereka adalah jin yang tinggal di rumah tersebut.


3. Jin berbentuk anjing


Dalam suatu riwayat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah memerintahkan sahabatnya untuk membunuh seekor anjing karena anjing termasuk golongan jin atau jin tiruan. Namun, riwayat ini kemudian dihapus.


Setelah riwayat tersebut dihapus, Rasulullah sallallaahu alaihi wasallam melarang umat Islam untuk membunuh anjing.


Anjing yang bisa dibunuh adalah anjing hitam muda dengan dua titik putih (di atas mata), karena jenis anjing ini adalah setan.


Dari Jabir bin Abdullah, beliau berkata, “Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kami untuk membunuh anjing tersebut, sampai ada seorang wanita yang datang dari dusun dengan anjingnya, yang kemudian kami bunuh. Kemudian Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam melarang kita untuk membunuh seekor anjing dengan mengatakan,' Bunuh yang hitam dengan dua titik putih (di atas mata), karena dia adalah setan. ” (HR. Ibn Az-Zubair, diriwayatkan oleh Muslim dalam Sahihnya)


Mengenai hadits di atas, Imam An-Nawawi mengatakan,


“Makna al-bahim (ditemukan dalam hadits) gelap gulita. Sedangkan dua titik adalah titik putih yang berada di atas kedua mata, dan itu mudah diketahui. (Lihat Shahih Muslim bi Syarh An-Nawawiy, Kitab Al-Musaqah wa al-Muzara'ah) "


4. Jin berbentuk kucing


Selain berbentuk ular dan anjing, jin juga bisa berbentuk kucing. Jin yang menjelma menjadi kucing cantik atau putih adalah jin betina. Kucing hitam biasanya setan.


Imam Ibn Taymiyyah berkata,


“Jin bisa muncul dalam bentuk ular, anjing, dan kucing hitam. Karena warna hitam bisa menggabungkan kekuatan iblis dibandingkan warna lain, termasuk kekuatan panas. " (Majmu Fatawa Ibn Taimiyah)


5. Jin yang bisa berubah bentuk


Jin memiliki kemampuan untuk merubah dirinya menjadi berbagai bentuk. Tentunya ini karena rahmat Allah SWT. Perubahan bentuk ini memungkinkan jin memanifestasikan dirinya dalam berbagai bentuk.


Namun, tidak semua jenis jin bisa melakukan ini. Hanya sedikit jenis jin yang memiliki kemampuan seperti itu

Posting Komentar untuk "Waspada, Kenali 5 Jin yang Selalu ada dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari"